FAKULTAS

ILMU SAINS & TEKNIK

VISI

Menjadi fakultas yang unggul, bermartabat, mandiri, dan technopreneurship dalam pemecahan masalah kebutuhan masyarakat dan industri berbasis sains dan teknologi kesehatan pada tahun 2025.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang inovatif serta kreatif berlandaskan kearifan lokal, norma agama, dan multi budaya.

  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan sains dan teknologi yang relevan dan aplikatif dengan keilmuan.

  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat guna menghasilkan solusi yang bermanfaat sesuai kebutuhan masyarakat serta industri dengan memanfaatkan sains dan teknologi.

  4. Mengelola fakultas secara mandiri dengan tata kelola yang berorientasi pada mutu untuk mencapai good governance.

FST menaungi 5 program studi (Prodi), yaitu Program Studi Teknik Elektro, Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Informatika, Program Studi Arsitektur dan Program Studi Teknik Industri. Empat program studi di lingkungan FST telah terakreditasi oleh BAN PT, sedangkan Program Studi Teknik Industri telah akreditasi oleh LAM-PT Teknik pada tahun 2022.

Wiwik Eko Pertiwi, S.KM.,M.KM
NIK :
Dekan Fakultas Ilmu Sains & Teknik

SEJARAH SINGKAT

Fakultas Sains dan Teknik yang selanjutnya di singkat FST Universitas Faletehan (UF) berdiri pada tanggal 9 Agustus tahun 2019 setelah bergabungnya STIKes Faletehan dengan ST-Inten Bandung menjadi Universitas Faletehan. Fakultas Sains dan Teknik (FST) terbentuk bersamaan dengan lahirnya Universitas Faletehan yang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 687/KPT/I/2019 tentang Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Sains dan Teknologi Indonesia di Kota Bandung dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan “Faletehan” Serang di Kabupaten Serang menjadi Universitas Faletehan di Kabupaten Serang Propinsi Banten yang diselenggarakan oleh Yayasan Faletehan Serang Banten.

FST mempunyai visi yaitu “Menjadi Fakultas Sains dan Teknologi yang unggul, bermartabat, mandiri, technopreunership dalam pemecahan masalah kebutuhan masyarakat dan industri berbasis Sains dan Teknologi Kesehatan pada tahun 2025”.

FST menaungi 5 program studi (Prodi), yaitu Program Studi Teknik Elektro, Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Informatika, Program Studi Arsitektur dan Program Studi Teknik Industri. Empat program studi di lingkungan FST telah terakreditasi oleh BAN PT, sedangkan Program Studi Teknik Industri telah akreditasi oleh LAM-PT Teknik pada tahun 2022. Sebagai Fakultas yang baru berdiri, FST menghadapi tantangan yang berat dan komplek. Namun dengan dukungan, komitmen dan Kerjasama antar berbagai elemen di lingkungan Universitas, FST senantiasa menjawab tantangan tersebut dengan keyakinan dan semangat yang tinggi. Hal ini terbukti dengan kinerja dan capaian FST yang semakin meningkat setiap tahunnya.

TUJUAN FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, memiliki moralitas yang tinggi, mempunyai kreatifitas dan inovasi serta berjiwa technopreneurship.

  2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas, inovatif, dan bermanfaat bagi pengembangan sains dan teknologi.

  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memecahkan masalah dengan memanfaatkan sains dan teknologi.

  4. Mewujudkan tata kelola fakultas yang mandiri, berorientasi pada mutu, dan menggambarkan nilai-nilai dari good governance.

JUMLAH DOSEN DAN TENAGA KERJA KEPENDIDIKAN

FST memiliki 19 Dosen Tetap Program Studi dan 16 tenaga kependidikan. Dosen tersebar di lima program studi yang berada dibawah naungan FST. Kompetensi dosen FST minimal berpendidikan S2 (Magister) sesuai keahlian program studi dan telah memiliki jabatan akademik dosen minimal Asisten Ahli (AA).

Tenaga kependidikan FST memiliki kompetensi minimal berpendidikan Sarjana (S1) dengan keahlian sesuai dengan tupoksi pekerjaan masing-masing.

JOIN US FALETEHAN UNIVERSITY
To become a Leading University in the development of science and technology at the Global level in 2044.